Menginstal aplikasi windows di ubuntu dengan WINE


Bagi yang telah terbiasa dengan windows, mungkin akan sangat kesulitan untuk langsung ber-migrasi secara besar-besaran ke linux. Untuk itu tim pengembang linux berusaha 'memanjakan' para windows mania untuk segera beralih dari windows ke linux, dengan menciptakan sebuah aplikasi yang bernama WINE.
Dengan WINE, kita dapat menjalankan aplikasi windows di Linux dengan sangat nyaman. Kita bekerja seolah-olah ada dalam windows.
Jika ada yang belum mencoba WINE, kayanya saatnya deh dicicipi. Menginstalnya cukup mudah, cukup ketikkan perintah : $ sudo apt-get install wine tunggu beberapa saat WINE akan di download dari internet dan diinstal di PC (tentu saja Anda harus terhubung ke Internet). Selain perintah dari terminal, kita juga bisa menginstalnya dari Synaptic. Klik System-Administration-Synaptic Packages Manager
Setelah WINE telah terinstal, kita bisa langsung menginstal aplikasi bawaan windows.
Misalnya kita akan menginstal Adobe Photoshop, maka masuklah ke folder di mana ada file setup.exe, lalu jalankan perintah $ wine setup.exe maka kita kita akan melihat di layar, programnya diinstal seolah-olah sedang menginstal dari dalam windows.
Setelah penginstalan selesai dan akan dijalankan, cukup klik Applications-wine-Programs

0 komentar: